Tips menengangkan bayi ssat menangis

5 Cara Efektif Menenangkan Bayi Menangis dan Rewel

Semua bayi tentu menangis, bahkan beberapa bayi menangis terlampau sering. Menangis memang adalah bhs bayi yang tidak kami mengerti. Ketika mereka menangis, maka pasti ada suatu hal hal yang inginkan dikatakan. Sering kali bayi menangis dan rewel karena mereka merasa lapar, lelah, kedinginan atau kepanasan, bosan, popoknya basah, atau merasa sakit. Sehingga, jangan beranggap jelek dikarenakan bayi Anda menangis terus, hal ini adalah caranya untuk memberitahu Anda bahwa mereka membutuhkan sesuatu.

Mencoba mendiamkan serta menenangkan bayi yang menangis adalah langkah orangtua dan bayi untuk mengenal satu sama lain. Setidaknya tiap-tiap bayi menangis kurang lebih 1-four jam didalam sehari. Semakin Anda tenang dan tidak terbawa kondisi karena tangisan bayi Anda, maka bayi dapat lebih mudah tenang. Ibu yang memandang bayinya menangis pasti akan mengusahakan menenangkannya. Namun terkadang apa yang ibu melakukan malah membawa dampak bayi menangis jadi kencang. Lalu bagaimana caranya untuk mendiamkan dan juga menenangkan bayi yang menangis dan rewel?

BACA JUGA: 7 Langkah Agar Bayi Cepat Tidur di Malam Hari
Bagaimana langkah menenangkan bayi menangis dan rewel?
1. Gerakan mengayun

Bayi puas gerakan-gerakan disaat mereka digendong. Anda mampu mulai bersama mengambil alih kain gendongan dan kemudian buat gerakan mengayun untuk menenangkan bayi Anda. Semakin kencang tangisan bayi, maka Anda mesti tambah kencang pula mengayunkannya.
2. Suara ‘sshh’

Ternyata menenangkan bayi bersama dengan langkah ibu membuahkan nada ‘sshh’ bukan cuma kebiasaan turun-temurun. Suara ‘sshh’ ini mampu menyebabkan bayi lebih tenang dan nyaman dikarenakan suara berikut serupa bersama suara ketika mereka ada di didalam rahim. Pastikan nada ‘sshh’ yang Anda hasilkan lebih kencang dibandingkan bersama tangisan si bayi, sehingga bayi mendengarnya.
3. Sentuhan lembut

Jangan dulu pandang remeh ‘kekuatan’ sentuhan Anda dalam memicu si bayi menjadi lebih nyaman. Tentu saja langkah utama dalam menenangkan bayi yang menangis adalah dengan cara menyentuhnya. Walaupun begitu, sebenarnya tidak jarang bayi yang memerlukan lebih dari sekadar sentuhan untuk membuatnya nyaman, layaknya gendongan, menepuk punggung, atau memijatnya bersama dengan lembut.
4. Mengenal dan mengatur lingkungan kurang lebih untuk si bayi

Menenangkan bayi yang menangis adalah salah satu langkah untuk mendekatkan diri Anda bersama sang bayi. Dengan begitu, Anda dapat berusaha melacak jelas lingkungan layaknya apa yang membuatnya lebih nyaman dan tenang, layaknya lebih dari satu bayi menyukai lampu yang gelap dan beberapa lainnya tidak. Atau mungkin bayi Anda lebih senang keadaan kamar yang tenang, tetapi tersedia termasuk bayi yang lebih puas suasana di luar rumah atau keramaian. Sesuaikan lingkungan Anda supaya bayi lebih tenang dan nyaman.

BACA JUGA: Mengatasi Sariawan Pada Bayi yang Masih Menyusui
5. Trik lainnya

Ada lebih dari satu cara lain yang bisa membuat si bayi menjadi lebih tenang, seperti:

    Memandikan bayi bersama dengan air hangat
    Memberikannya ASI
    Menggendong bayi sambil bernyanyi atau mengeluarkan suara ‘sshhh’

Jika bayi menangis tetap menerus biarpun telah mengupayakan ditenangkan dan Anda melihat sebagian tanda atau tanda-tanda yang aneh, maka jangan sangsi untuk menghubungi dokter anak. Namun tidak seluruh tangisan bayi merupakan tanda mereka mengalami sakit, supaya jangan cemas dan beranggap negatif akibat tangisan bayi Anda.
Bagaimana jika bayi menangis selagi sedang disusui?

Tidak jarang bayi menangis dan kelihatan gelisah dikala Anda tengah memberinya susu atau ASI. Jika Anda menambahkan ASI terhadap si bayi, mungkin ia terasa tidak nyaman bersama dengan posisi menyusui Anda, agar ASI tidak muncul bersama sempurna dan ia terasa konsisten lapar. Perbaiki posisi menyusui Anda. Terkadang bayi menangis karena gejala refluks atau makanannya ulang naik ke tenggorokan sementara sehabis diberikan makanan. Apabila perihal ini terjadi, langsung periksakan bayi ke dokter. 

Baca Juga :
Jual Rak Buku Anak
Rak Buku Anak TK